Penyebab Anak Tidak Suka Membaca

Penyebab anak tidak suka membaca _ membaca sebenarnya adalah kegiatan yang tidak disukai oleh sebagaian anak.  Anak tidak suka membaca sebenarnya bukan karena kesalahan anak namun kurangnya stimulus yang membuat anak itu tidak suka membaca.

Semasih usia anak-anak stimulus merupakan sebuah daya di dalam menciptakan kemauan anak untuk membaca. 

Ketiadaaan srimulus dalam upaya menciptakan anak supaya suka membaca membuat anak menjadi bingung di dalam menentukan arah yang harus mereka lakukan. 

Sebagian besar anak akan memilih kegiatan yang mereka sukai. Nah, sayangnya hanya sebagian kecil dari anak yang menyukai membaca. 

Tentu ini akan menyebabkan anak bebas dalam melakukan apa yang mereka sukai. Memang sudah merupakan sebuah keharusan memberikan anak untuk menentukan apa yang mereka sukai. Namun kalau boleh guruDARING sarankan agar kecintaan akan membaca jangan sampai ditinggalkan.

Tidak selamnya memberikan anak untuk melakukan apa yang mereka suka adalah tindakan yang tepat.

Mungkin sebagian dari pembeca pasti menyalahkan guruDARING setelah membaca pernyataan saya ini. 

Sebelum menualahkan atau menganggap hal tersebut adalah sebuah kekeliruan ijinkan guruDARING memaparkan beberapa alasan.

Alasan kenapa tidak selamanya memberikan apa yang anak sukai tidak selamanya tepat adalah sebagak berikit :
Sebelumnya perlu guruDARING garis bawahi disini anak yang guruDARING maksudkan adalah anak yang masih berada pada usia sekolah dasar yang malas membaca.
1. Anak usia sekolah dasar adalah anak yang lebih suka bermain daripada kegiatan lainnya seperti membaca. Bila tipe anak seperti ini anda biarkan dan tidak arahkan maka bisa dipastikan anak tersebur akan enggan untuk belajar apa lagi membaca.

2. Ketika anak menyukai sesuatu maka akan lupa segalanya. Usahakan para orang tua mengontrol agar anak bemar- benar menyukai sesuatu yang bermanfaat.

Anak tidak suka membaca tentu ada beberapa faktor yang menyebabkannya, diantaranya :

A. Kurang motivasi dan contoh

Anak uska sekolah dasar merupakan anak yang masih membutuhkan contoh dalam setiap tindakannya. Jadi para orang tua hendaknya bisa menjadikan dirinya contoh pembaca yang baik.

Anda bisa memulai dengan menaruh buku- buku di ruang tamu. Biasanya di ruang ini hanya ada meja dan televisi saja. Kebanyakan keluarga menghabiskan waktu malamnya di depan televisi.

B. Kurangnya buku-buku yang disukai anak.

Kesempatan anak untuk mengenal dan buku lebih banyak lagi perlu dilakukan oleh para orang tua.

Jangan sampai anak tidak pernah membaca buku sama sekali. Bahkan dalam setahun anak tidak pernh membaca buku lain diluar buku pelajaran.

C. Anak kurang mendapat perhatian untuk membaca

Anak tidak akan suka membaca bila baginya ada kegiatan lain yang lebih menyenangkan daripada membaca. Jadi perlu upaya dari para orang tua dan guru untuk menciptakan suasana agar membaca itu sebagai suatu kegiatan yang sangat menyenangkan.

Tentunya dibutuhkan upaya dari guru dan juga para orang tua.  Bila semua sudah berupaya melakukan dan memberikan solusi pastilah penyebab anak tidak suka membaca bisa diminimalisir atau bahkan dihilangkan.

Guru Daring menyadari bahwa tidak mudah mengubah suatu kebiasaan. Namun semua itu butuh proses dan kesabaran. Yang paling penting adalag konsiatensi.

Semua yang ada lakukan mesti konsisten.

Bila sudah demikian pastilah akan memberikan hasil yang baik.

Membaca merupakan sebuah aktivitas yang memiliki banyak keuntungan. Tentunya hal ini harus diperhatikan dengan baik oleh para guru dan orang tua.

Jangan sampai anak tidak menyukai yang namanya membaca.

Ciptakan suasana yang memungkinkan mereka untuk senang membaca buku.

Salam pendidikan. Salam guruDARING

0 Response to "Penyebab Anak Tidak Suka Membaca"

Post a Comment

Komentar Anda akan terlihat setelah dilakukan moderasi oleh guruDARING