Jenis-jenis belajar yang harus anda ketahui

Jenis-jenis belajar yang harus anda ketahui - jenis-jenis perilaku dari hasil belajar diklasifikasikan berdasarkan tujuan belajar. Tujuan itu dinyatakan dalam bentuk perilaku secara sistimatis digolongkan sebagai berikut:
1. Perilaku kognitif yaitu perilaku yang menyangkut masalah pengetahuan dan masalah kecakapan intelektual. Pengelompokan secara kognitif melalui enam tingkatan kegiatan yakni :
a. Pengetahuan siap yang dapat segera muncul bila diperlukan.
b. Komprehensif dalam penafsiran informasi.
c. Mengklasifikasikan pengetahuan yang diperoleh.
d. Menganalisis dalam arti menguraikan pengetahuan yang diperoleh ke dalam berbagai bagian.
e. Mengadakan sistitis atau pengetahuan baru.
f. Mengadakan evaluasi terhadap pengetahuan yang diperoleh dengan menggunakan berbagai kriteria.
2. Perilaku afektif yang berupa sikap nilai-nilai dan apersepsi perilaku afektif ini terdiri atas lima tingkat tingkat :
a. Penerimaan yaitu tingkat penarikan perhatian
b. Respon yaitu keinginan untuk bereaksi penilaian untuk posisi tertentu mengorganisasi dengan mengambil penyesuaian dari berbagai alternatif yang ada mengemukakan suatu pandangan atau pengambilan keputusan sebagai suatu integrasi dari suatu kepercayaan ide dan sikap seseorang.
3.  Perilaku psychomotor termasuk kelincahan tangan dan koordinasi perilaku ini melalui empat tingkatan yaitu
a. Gerakan anggota badan seperti gerakan bahu dan kaki.
b. Gerakan yang benar-benar terkoordinasi secara rapi misalnya antara gerak tangan dan kaki.
Jenis-jenis belajar lainnya adalah sebagai berikut satu belajar melalui tanda koma yaitu belajar melalui proses dan diperoleh melalui tanda-tanda atau suatu respon karena ada suatu tanda titik 2 belajar secara stimulus respon koma yaitu belajar merespon karena ada perangsangan tertentu 3 rangkaian stimulus respon yaitu belajar dalam arti rangkaian antara berbagai stimulus respon yang telah dipelajari sebelumnya titik empat belajar melalui kata-kata atau bahasa titik lima membedakan secara berganda koma yaitu belajar dengan menggunakan berbagai rangkaian pengalaman secara meluas titik Nam belajar konsepsi koma yaitu belajar mengemukakan sesuatu atau pemikiran Setelah mempelajari berbagai perangsang yang menimbulkan Respon yang berbeda-beda titik 7 belajar prinsip koma yaitu belajar mengemukakan sesuatu atau pemikiran Setelah mempelajari berbagai perangsang yang menimbulkan Respon yang berbeda-beda titik 7 pemecahan masalah yakni belajar memecahkan persoalan berdasarkan beberapa prinsip gejala atau peristiwa yang lalu dengan beberapa kemungkinan

0 Response to "Jenis-jenis belajar yang harus anda ketahui"

Post a Comment

Komentar Anda akan terlihat setelah dilakukan moderasi oleh guruDARING