CARA CEPAT PERKALIAN BILANGAN DESIMAL

Cara cepat perkalian bilangan desimal - Perkalian merupakan salah satu operasi hitung dalam matematika yang sudah diajarkan di sekolah dasar mulai dari kelas 3 tentunya bagi sekolah yang masih menerapkan kurikulum KTSP.

Perkalian sejatinya adalah penjumlahan yang dilakukan secara berulang pada bilangan yang sama. Sebagai contoh penjumlahan berikut ini : 

6 + 6 = 2 x 6
Penjelasan :
Bila kita lihat pada operasi penjumlahan disana, tertulis 6 + 6 bilangan 6 dijumlahkan sebanyak 2 kali. Hal tersebut bisa ditulis dalam operasi perkalian menjadi 2 x 6.


Demikian sebaliknya bila tertulis perkalian seperti berikut ini : 

3 x 4 =  4+4+4
Dalam perkalian diatas dapat kita lihat yaitu perkalian 3x4 perkalian tersebut mengandung penjumlahan yang berulang. Yakni pengulangan penjumlahan bilangan 4.

Perkalian juga terjadi pada semua bilangan dalam matematika. Salah satunya bilangan desimal.

Bilangan desimal senjatinya merupakan bilangan yang merupakan hasil dari pembagian kelipatan sepuluh. 

Bila di sekolah dasar mungkin beberapa guru ada yang memberikan penjelasan kepada siswanya bahwa bilangan desimal adalah bilangan yang dicirikan dengan memiliki koma.  Misalnya 6,2 atau 1,30 dan masih banyak lagi contoh bilangan desimal.

Kali ini guruDARING tidak akan menjelaskan bagaimana bisa ada bilangan desimal, itu nanti akan gurDARING jelaskan pada postingan selanjutnya. Saya anggap saja teman-teman sudab memahami bagaimana bilangan desimal tersebut. 

Perkalian bilangan desimal sudah mulai dibelajarkan di sekolah dasar mulai kelas 5. Dalam perkalian tersebut siswa sering kali mengalami kesulitan di dalam mengerjakannya. Kali ini guruDARING akan berbagi bagaimana pengerjaan perkalian bilangan desimal dengan mudah agar siswa mudah juga memahaminya. Mungkin sahabat disini sudah pernah menerapkannya?

Langsung saja cara cepatnya sebagai berikut :

Contoh Perkalian bilangan 0,5 x 3  = . . . .

Jawab :

Perkalian diatas bila kita lihat bilangan desimalnya adalah 0,5
sedangkan bilangan bulatnya adalah 3
Langkah selanjutnya kita bisa abaikan koma dari bilangan 0,5 jadi menjadi 05. Angka 0 pada bilangan 05 bisa dihilangkan tuk sementara, maka akan menjadi bilangan 5 saja.

Selanjutnya kita tinggal mengalikan 5 x 3 dan hasilnya adalah 15
setelah menemukan hasilnya adalah 15 maka selanutnya kita melihat perkalian semula antara 0,5x3 darisana kita bisa lihat hanya ada satu koma. Maka harus ada satu bilangan di sebelah kanan koma dari hasil 15 tadi. Sehingga menjadi 1,5

Maka hasil 0,5 x 3 =  1,5


 




0 Response to "CARA CEPAT PERKALIAN BILANGAN DESIMAL"

Post a Comment

Komentar Anda akan terlihat setelah dilakukan moderasi oleh guruDARING